Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Geogebra

Authors

  • Wiwit Keswari

DOI:

https://doi.org/10.59605/sr5rsn40

Keywords:

Probing Prompting, Kemampuan Komunikasi Matematika, Geogebra.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran probing prompting terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi dan refleksi yang diterapkan pada model pembelajaran probing prompting. Sampel terdiri dari 36 siswa dan dibagi menjadi 9 kelompok yang masing – masing kelompok terdiri dari 4 orang.

Data penelitian dibagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data tes setiap akhir siklus, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi pelaksanaan model pembelajaran probing prompting baik dari segi siswa maupun dari segi guru. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) matematika sebesar 78 dan minimal 80 % siswa mencapai ketuntasan minimum tersebut.

Peningkatan kemampuan komunikasi matematika secara umum dapat dilihat dari peningkatan nilai evaluasi yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, yaitu rata-rata nilai pada siklus I adalah sebesar 77,22 dan menjadi 86,39 pada siklus II. Begitupun siswa yang mendapat nilai  78 meningkat dari 20 orang (55,55 %) pada siklus I menjadi 31 orang  (86,11 %) pada siklus II.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran probing prompting, siswa dapat melaksanakan pengalaman belajar  konstruktivisme secara berkelompok, melibatkan kemampuan mental, emosional serta sosial sehingga meningkatkan kemampuan komunikasi matematika khususnya pada materi program linear.

References

Ansari, I.B. 2009. “Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi”. http://anshari.wordpress.com. Diakses 4 November 2014.

Arikunto,Suharsimi.1997.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Brenner, Mary E. 1998. “Development of mathematical communication in problem solving groups by language minority students”. Bilingual Research Journal, 22, 103-128. Tersedia: http://psu.edu. Diakses 4 November 2014.

Darmawan, J; Wijayanti, K ; Sugiarto. 2013. Implementasi Model TPS dengan Probing Prompting Berbantuan CD Pembelajaran Pada Dimensi Tiga. Jurnal Jurusan Matematika MIPA UNNES. Vol. 4. No. 1. Diakses 5 Oktober 2014.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kamus Bahasa Indonesia Online. ny. Kamus Bahasa Indonesia Online- Definisi komunikasi. http://kamusbahasaindonesia.org/komunikasi. Diakses 4 Desember 2014.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA UNY. Volume 8. No.1. Diakses 5 Oktober 2014

Mayasari, Yusrika; Irwan; Mirna. 2014. Penerapan Teknik Probing Pompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Lubuk Buaya Padang. Vol. 3 No. 1 (2014) Jurnal Pendidikan Matematika: Part 2 Hal 56-61. Diakses 5 Oktober 2014

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia : http://www.k12academics.com/education-reform. Diakses : 20 Oktober 2014.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika.

Satriawati, Gusni. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis. http://sbrrhapsody.blogspot.com.html diakses 17 September 2014.

Subhan. (2009). Membangun keterampilan komunikasi matematika. Tersedia : http://kimfmipa.unnes.ac.id/home/61-membangun-keterampilan-komunikasi-matematika.html. Diakses : 17 September 2014.

Suherman. 2001. Pembelajaran Probing Prompting. http://ayuface.wordpress.com. Diakses 5 Oktober 2014.

Suherman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA UPI.

Susanti, Elsa. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kota Bengkulu” dalam Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol.2 No.1. Ejournal Universitas Bengkulu.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia BuanaPustaka.

Wahid, Umar. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 1. No. 1. Diakses 5 Oktober 2014.

Widyastuti, D.A., Ni Nyoman Ganing, I Ketut Ardana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2. No.1. Diakses 5 Oktober 2014.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantu Geogebra. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(1), 22-39. https://doi.org/10.59605/sr5rsn40