Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Suku Baduy Di Desa Kenakes Lebak-Banten Berdasarkan Aspek Geometris.

Authors

  • Husnul Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.607

Keywords:

Etnomatematika, Kain Tenun Baduy, Aspek Geometri Matematika

Abstract

Etnomatematika merupakan salah satu cara pembelajaran matematika yang menghubungkan kebiasaan adat lokal dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan aspek aspek geometris matematika pada kain tenun masyarakat Baduy  yang terletak di Desa Kenakes leuwi damar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada Kain tenun Suku Baduy terdapat aspek geometris matematika berupa bangun datar. Adapun bangun datar yang terdapat pada kain tenun ini yaitu belah ketupat, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga.

References

Ridwan, H. (2018). Etnomatematika: Tinjauan Aspek Geometris Tenun Suku Baduy di Desa Kanekes Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon 7(1), 40-49.

Erfan Yudianto. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jami Al-Baitul Amien Jember.

Yulia Rahmawati Z dan Melvi Muchlian. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat.

Linda Indriyarti Putri. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI.

Melia Sekarpandan, Wardani, H. E dan Setyani, C.P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Baduy di Kabupaten Lebak Banten.

Sindi Destrianti. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. IAIN.

Erry Hidayanto. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME.

Afriyanty, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang 4 (1), 39-48.

Maharani, A. & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Penjalin. Wacana Akademika 2(2), 224-235.

Sutarto, Ahyansyah, Sukma Mawaddah dan Intan Dwi Hastuti. (2021), 33-42. Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika.

Risky Indah Yuniar dan Heni Pujiastuti. (2020). Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Suku Baduy Di Desa Kenakes Lebak-Banten Berdasarkan Aspek Geometris. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(1), 52-66. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.607