ANALISIS KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR

Authors

  • Ana Mardiana

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.604

Keywords:

Pemecahan Konsep Matematis,, Materi Aljabar

Abstract

Dalam dunia pendidikan evaluasi pembelajaran terhadap materi yang telah disampaikan sangatlah
penting, karena bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan
permasalahan. Selain itu dengan adanya evaluasi pembelajaran mempermudah guru untuk
mengetahui apakah metode yang digunakan sesuai atau tidak dengan kemampuan anak/siswa serta
apakah mampu menyeimbangkan dan mencapai dengan kurikulum yang diterapkan (SILABUS).
Pembelajaran menyangkut kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai hasil belajar
yang baik. Salah satu pembelajaran yang dilakukan ialah matematika. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pemahaman konsep
matematis siswa pada materi Aljabar dengan menggunakan indikator untuk Menyatakan ulang
sebuah konsep, Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, Memberi
contoh dan Non contoh dari suatu konsep, Menyajikan Konsep dalam berbagai bentuk representasi
matematika dan Mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep. Hasil dan pembahasan
penelitian ini yaitu untuk mengkaji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, terdapat 5 soal
yang diberikan pada siswa yang tiap soalnya mengukur indikator pemahaman konsep matematis. Soal
no 1 Menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari mengenai Aljabar (suku dua), soal no.2
Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, soal no 3 Memberi contoh
dan Non contoh dari suatu konsep, soal no4 Menyajikan Konsep dalam berbagai bentuk representasi
matematika, soal no 5 Mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep

References

Seran, Y., Mamoh, O., & Nahak, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. Math-Edu:

Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7 (3), 133 -143.

Nay, A. F., Maure, P. O. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Pada

Pembelajaran Berbasis Virtual Manipulative. Asimtot: Jurnal Kependidikan

Matematika,

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan

Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta. Vol 1, hal 1-12.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik kelas

VII

SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika : panduan

praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan kombinasi disertasi dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis.

Bandung: Refika Aditama.

Rasul, A. R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung

Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas VII SMPNegeri 1 Kilo.

Universitas Negeri Makassar: Doctoral dissertation

Ali Mutohar,FKIP UMP. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

http//www.bing.com,contoh indikator pemahaman konsep matematika menurut heruman

noviyana - Search (bing.com)

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR. (2020). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 3(2), 70-84. https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.604