ANALISIS KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.604Keywords:
Pemecahan Konsep Matematis,, Materi AljabarAbstract
Dalam dunia pendidikan evaluasi pembelajaran terhadap materi yang telah disampaikan sangatlah
penting, karena bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan
permasalahan. Selain itu dengan adanya evaluasi pembelajaran mempermudah guru untuk
mengetahui apakah metode yang digunakan sesuai atau tidak dengan kemampuan anak/siswa serta
apakah mampu menyeimbangkan dan mencapai dengan kurikulum yang diterapkan (SILABUS).
Pembelajaran menyangkut kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai hasil belajar
yang baik. Salah satu pembelajaran yang dilakukan ialah matematika. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pemahaman konsep
matematis siswa pada materi Aljabar dengan menggunakan indikator untuk Menyatakan ulang
sebuah konsep, Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, Memberi
contoh dan Non contoh dari suatu konsep, Menyajikan Konsep dalam berbagai bentuk representasi
matematika dan Mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep. Hasil dan pembahasan
penelitian ini yaitu untuk mengkaji kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, terdapat 5 soal
yang diberikan pada siswa yang tiap soalnya mengukur indikator pemahaman konsep matematis. Soal
no 1 Menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari mengenai Aljabar (suku dua), soal no.2
Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, soal no 3 Memberi contoh
dan Non contoh dari suatu konsep, soal no4 Menyajikan Konsep dalam berbagai bentuk representasi
matematika, soal no 5 Mengembangkan syarat perlu/syarat cukup dari suatu konsep
References
Seran, Y., Mamoh, O., & Nahak, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. Math-Edu:
Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7 (3), 133 -143.
Nay, A. F., Maure, P. O. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Pada
Pembelajaran Berbasis Virtual Manipulative. Asimtot: Jurnal Kependidikan
Matematika,
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan
Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan
Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta. Vol 1, hal 1-12.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik kelas
VII
SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika : panduan
praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan kombinasi disertasi dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis.
Bandung: Refika Aditama.
Rasul, A. R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung
Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas VII SMPNegeri 1 Kilo.
Universitas Negeri Makassar: Doctoral dissertation
Ali Mutohar,FKIP UMP. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
http//www.bing.com,contoh indikator pemahaman konsep matematika menurut heruman
noviyana - Search (bing.com)