ETNOMATEMATIKA LEUIT BADUY LEBAK BANTEN DI TINJAU DARI ASPEK GEOMETRISNYA

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.603

Keywords:

Aspek-aspek geometri yang terdapat pada leuit

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak diajarkan mulai dari pendidikan dasar hingga menengah karena matematika berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek geometri yang terdapat pada leuit yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran disekolah berdasarkan hasil studi lapangan di desa Katu Ketug Surung menunjukkan bahwa hasil padi ladang (pare huma) masyarakat Baduy pantang diperdagangkan.

References

Subekhi, A. I., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2021). Etnomatematika: Tinjauan Aspek Geometris Batik Lebak Provinsi Banten. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 81-93.

Imswatama, A., Saprudin, S., & Widyanto, R. (2017). Etnomatematika: ArsitekturLumbung Padi “Leuit” di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Alfrida. (n.d.). Etnomatika Pada Lumbung Atau Leuit. Retrieved from scribd.com: https://www.scribd.com/document/649514394/ETNOMATIKA-PADA-LUMBUNG-ATAU-LEUIT#

Iskandar, B. S. (2017). Kearifan Ekologi Orang Baduy dalam Konservasi Padi dengan" Sistem Leuit". Jurnal Biodjati, 2(1), 38-51.

Arisetyawan, Andika. dkk. 2014. Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture.

Hardi. 2009. Pandai Berhitung Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Rosa, M. & Orey, D.C. 2011. Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematica, 4(2).32-54.

Rostiks, Deti. 2008. Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. No.9 April

Tandiling, Edi. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978_979-16353-9-4.

Juano, A. & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dan Hubungannya dengan Konsep Geometri pada Matematika . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270-278.

Jamaludin, (2012). Makna Simbolik Huma (Ladang) di Masyarakat Baduy. Jurnal Ilmu Humaniora 11 (1) : 1-91.

Suparmini, Setyawati, S., & Sumunar, D. R. S. 2013. Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Humaniora 18 (1): 8-22.

Wessing, R., & Barenregt, B. (2005). Tending the Spirit’s Shrin: Kanekes and Pajajaran in West Java. Moussons 8:3-26.

Downloads

Published

2022-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ETNOMATEMATIKA LEUIT BADUY LEBAK BANTEN DI TINJAU DARI ASPEK GEOMETRISNYA. (2022). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 3(2), 50-69. https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.603