EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG BUHUN BADUY

Authors

  • Chintya Chandra

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.602

Keywords:

budaya, etnomatematika, pembelajaran matematika, angklung, musik, suku Baduy, pendidikan

Abstract

Konsep yang menghubungkan budaya dengan Matematika disebut etnomatematika. Penelitian ini dilakukan pada alat musik angklung yang merupakan salah satu alat musik khas suku Baduy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali konsep matematika yang terdapat dalam angklung, khususnya angklung Buhun Baduy. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan model etnografi. Hasil penelitian bahwa kehadiran etnomatematika dalam pembelajaran Matematika dapat memberikan motivasi dan nuansa baru bahwa pembelajaran Matematika tidak hanya terbatas di dalam kelas tetapi juga dengan dunia luar yaitu berinteraksi dengan budaya lokal.

References

A.B. Perris, "The Rebirth of the Javanese angklung," Ethnomusicology, vol. 15, no. 3, pp. 403-

, 1971.

Andika Arisetyawan, Didi Suryadi, Tatang Herman, Cece Rahmat, "Study of Ethnomathematics: A

lesson from the Baduy Culture," International Journal of Education and Research, vol. 2, no. 10, pp. 681-688, 2014.

B. Ojose, "Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday

Use?," Journal of Mathematics Education, vol. 4, no. 1, pp. 89-100, 2011.

D Suhaedi, E Harahap, "Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui

Lesson Study: Sebuah Perspektif," Jurnal Matematika, vol. 17, no. 1, 2017.

Fitriani, S., Somakim, S., & Hartoyo, Y. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada budaya

masyarakat Jambi kota Seberang. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 145-149.

G. Gunawan, "Transformation of the Mean Value of Integral On Fourier Series

Expansion," Journal of Physics: Conference Series 1366 (1), 012068, vol. 1366, no. 1, p. 012068, 2019.

Helius Sjamsuddin, Hidayat Winitasasmita, Daeng Soetigna Bapak Angklung Indonesia,

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Investasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional, 1986.

Herdian, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Level berpikir siswa dalam memahami

konsep dan prinsip bangun ruang dengan pendekatan pembelajaran etnomatematika

beradasarkan teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 111-119.

Indonesia Kaya. (2022). Diakses pada 01 Juli 2023 dari

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/angklung-buhun-pengiring-ritual-dan-identitas-masyarakat-baduy/

M. Y. Fajar, "Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course," in International

Conference on Lesson Study (ICLS 2017), Lombok NTB, Indonesia, 2017.

Marsigit, Rahayu Condromukti, Dafid Slamet Setiana, Sylviyani Hardiarti, "Pengembangan

Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika," in Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2018.

N R N Peni, T Baba2, "Consideration of curriculum approaches of employing ethnomathematics in mathematics classroom," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1321, no. 3, p. 032125, 2019.

R. H. N. Sari, "Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?," in Seminar Nasional

Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta, 2015.

Turmudi. (2018). Kajian etnomatematika: belajar matematika dengan melibatkan unsur budaya.

In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (hal. 38–53).

Y Ramdani; dkk., "Analysis of student errors in integral concepts based on the indicator of

mathematical competency using orthon classification," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1366, no. 1, p. 012084, 2019

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG BUHUN BADUY. (2020). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 3(2), 85-95. https://doi.org/10.59605/abacus.v3i2.602