Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Baduy Untuk Mengungkap Nilai Filosofis dan Konsep Matematis

Authors

  • Syahida Rahmatul Badriyah Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.554

Keywords:

Budaya, Etnomatematika, Rumah Adat Suku Baduy, Konsep Matematis

Abstract

Budaya adalah identitas unik antar generasi yang dimiliki oleh suatu wilayah. Mengaitkan budaya dengan pendidikan merupakan hal yang penting, khususnya pendidikan matematika sebagai metode pembelajaran yang menghubungkan materi matematika dengan kehidupan budaya di sekitarnya. Metode pembelajaran yang menghubungkan pembelajaran matematika dengan budaya disebut etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menggali nilai-nilai filosofis dan konsep matematika yang tertanam pada rumah adat suku Baduy. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Subjek penelitian ini meliputi beberapa orang dalam yaitu penduduk desa dan tukang bangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dalam analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teras, ruang tamu dan dapur, serta atap rumah adat Baduy semuanya memiliki konsep matematika yang tertanam di dalamnya.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Baduy Untuk Mengungkap Nilai Filosofis dan Konsep Matematis. (2023). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.59605/abacus.v4i1.554