PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN 10 KOTA SERANG

THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION LEARNING MODELS IN IMPROVING MSTEMATICS LEARNING OUTCOMES AND ATTITUDES OF STUDENTS AT SMPN 10 SERANG CITY

Authors

  • Teti Trisnawati
  • Ernawati Ernawati Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.385

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa matematika menjadi pelajaran  yang tidak disukai dikalangan para siswa karena matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit, padahal kesulitan yang dihadapi siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara  baik serta kurangnya pemahaman aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran dikelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada Guru (teacher centered). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan hasil belajar matematika. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 10 kelas, pengambilan sampel menggunakan simple random sempling didapat dua kelas yaitu kelas VIIC dan VIID untuk kelas eksperimen kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dilakukan pada saat awal pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran dilakukan dengan uji N-Gain dimana didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 0,0753 dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,0743 dimana peningkatan dalam hasil belajar tergolong rendah dengn peningkatan 7,5%. untuk pengaruh sikap Siswa dilakukan uji regresi dimana mempunyai nilai sig 0,184 untuk kelas eksperimen dan 0,133 untuk kelas kontrol dimana kedua data tersebut  maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh hasil belajar Siswa terhadap sikap Siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol

References

Advernesia. Cara uji validitas spss berdasarkan data kuesioner. https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-validitas-spss-berdasarkan-data-kuesioner/:19.53

As’ari rahman abdur. Etal. 2017.buku guru matematika SMP/MTS kelas VII. Jakarta: pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud.

Asmahasanah Salati dan Sa’adiyah Maemunah Julaeni Unun. Pengaruh Penggunaan Media Kongkret Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Di Sdit Kaifa Bogor. PGMI-Fakultas Agama Islam UIKA Bogor.

Al-Tabany Badar Ibnu Trianto.2017. mendesain model pembelajaran inivatif,progresif dan kontekstual. Kencana:pt. Kharisma putra utama.

Fitriatun Atik dan Sukanti. 2016. Analisis Validitas, Realibilitas, Dan Butir Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi Di MAN Maguwoharjo.

Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8 Universitas Negri Yogyakarta.

Nugroho, Hendy, Moh. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika Pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 2, No. 2, 2018, pp. 213-223.

Santoso, S. (2001). SPSS versi 10. Jakarta: Gramedia

Sudaryono. 2016. Metodologi penelitian pendidikan. Kencana: PT. Kharisma Putra Utama.

Uyanto, S. M. (2002). Pedoman analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA DI SMPN 10 KOTA SERANG: THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION LEARNING MODELS IN IMPROVING MSTEMATICS LEARNING OUTCOMES AND ATTITUDES OF STUDENTS AT SMPN 10 SERANG CITY. (2020). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 1(1), 51-62. https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.385