PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LEUWIDAMAR
INFLUENCE OF LEARNING METHOD OF INQUIRY DISCOVERY OF MATHEMATICS STUDENT LEARNING OUTCOMES GRADE X SMA NEGERI 2 LEUWIDAMAR
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.384Keywords:
Inquiry Discovery Learning, Hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Inquiry Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika di kelas X SMA. Penelitian ini berbentuk kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Leuwidamar. Untuk menguji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan reliabilitas instrumen dalam bentuk tes subjektif digunakan rumus Alpha, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda menggunakan indeks diskriminasi (D) dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Berdasarkan analisis data, hasil penghitungan data penelitian diperoleh skor t hitung > t tabel (2,639>1,693), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang positif dan signifikan dengan menerapkan metode Inquiry Discovery Learning dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode Inquiry Discovery Learning.
References
Agus Suprijono. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Arief Furchan. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Burhan Nurgiyantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetisi. Yogyakarta: BPFE
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Esti Ismawati dan Faraz Umaya. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Mihtahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Solchan. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Pers.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung.Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
______. 2012. Dasar –Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sumanto. 2002. Pembelajaran Terpadu Statistika dan Metodologi Riset. Yogyakarta : Andi.
Sumiati dan Asra. 2009.Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Syukur Ghazali. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dngan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana
Yunus Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Zainal Aqib. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual