MENINGATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

IMPROVING MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL

Authors

  • Eva Fitria Ningsih
  • Venita Anggraeni Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.383

Keywords:

Model pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru. Penelitian ini merupakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Tujuan penelitian ini untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Waringinkurung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) yaitu kelas X IPA V yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran matematika Problem Based Learning dan X IPA IV dengan pembelajaran ekspositori. Analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Branca, N. A. (1980). Problem Solving as A Goal, Proccess and Basic Skill. In S. Krulik & R. E. Reys (Eds.), Problem Solving in School Mathematic. Virginia: NCTM Inc.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Hudojo (1988). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Maulana. (2008). Dasar-dasar keilmuan matematika. Bandung: Royyan Press.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Theacher of Mathematics, Inc.

Polya, G. (1973). How to Solve It A new Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princenton University Press.

Polya, G. (1985). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. United States Of America: Pricenton University Press.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Rusman. (2010). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2 No. 2, pp. 68-73

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sutawidjaja, A. & Jarnawi A. D. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING: IMPROVING MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY THROUGH THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL. (2020). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 1(1), 25-37. https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.383