MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE SOKRATIS MATERI STATISTIKA
IMPROVING STUDENT MATHEMATICS LEARNING RESULTS THROUGH THE SOCRATIC METHOD OF STATISTICS MATERIALS
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.381Keywords:
Kesulitan Belajar MatematikaAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, sehingga perlu dilakukan suatu penelitian agar dapat teratasi permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MM SMK N 7 Pandeglang dengan objek aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi statistik dengan menggunakan metode sokratis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Gagasan peneliti, motode pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah ini adalah metode sokratis. Metode sokratis hampir sama dengan Tanya-jawab. Kegiatan Guru pada metode sokratis yang paling menonjol ialah bertanya dan memperhatikan jawaban para siswa. Dari hasil observasi pada pra siklus jumlah skor total 73 keaktifan belajar meningkat 45 pada siklus I. Pada siklus I jumlah skor total sebesar 118 keaktifan belajar meningkat sebesar 31 pada siklus II jumlah skor total kekatifan belajar siswa mengalami peningkatan, jumlah persentase hasil belajar siswa meningkat 6,06% pada siklus I. Pada siklus I jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa 54,54% meningkat 39,39% pada siklus II jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan jumlah persentase 93,93%. Dalam penelitian ini terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model metode sokratis pada materi statistic di SMK NEGERI 7 Pandeglang.
References
Ali, Muhammad, 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Aprina, Nera, 2006. Perbandingan Metode Sokratis dan Tanya-Jawab Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA PGRi 2 Palembang. Palembang : UNIV. PGRI
Djamarah, Syaiful, Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas, 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaiaan. Yogyakarta : Depdiknas.
Hudojo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP.
Hanafiah, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
_________, 2013. Definisi Belajar. (www.Goegle. Diakses tanggal 25 September 2013 ).
Pidarta, Made, 1990. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta : Bumi Aksara.
Simanjuntak, Lisnawaty, dkk, 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.