MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE SOKRATIS MATERI STATISTIKA

IMPROVING STUDENT MATHEMATICS LEARNING RESULTS THROUGH THE SOCRATIC METHOD OF STATISTICS MATERIALS

Authors

  • Binti Khusnul Chotimah
  • Asep Wahyudin Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.381

Keywords:

Kesulitan Belajar Matematika

Abstract

Masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  rendahnya  aktivitas  dan  hasil  belajar matematika siswa, sehingga perlu dilakukan suatu penelitian agar dapat teratasi permasalahan tersebut.  Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XII MM SMK N 7 Pandeglang  dengan  objek  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada  materi statistik  dengan  menggunakan  metode sokratis. Jenis  penelitian  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilakukan  dalam  2  siklus. Gagasan peneliti, motode pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah ini adalah metode sokratis. Metode sokratis hampir sama dengan Tanya-jawab. Kegiatan Guru pada metode sokratis yang paling menonjol ialah bertanya dan memperhatikan jawaban para siswa. Dari hasil observasi pada pra siklus jumlah skor total 73 keaktifan belajar meningkat 45 pada siklus I. Pada siklus I jumlah skor total sebesar 118 keaktifan belajar meningkat sebesar 31 pada siklus II  jumlah skor total kekatifan belajar siswa mengalami peningkatan, jumlah persentase hasil belajar siswa meningkat 6,06% pada  siklus  I.  Pada  siklus  I  jumlah  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  siswa 54,54% meningkat 39,39% pada siklus II jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan jumlah persentase 93,93%. Dalam penelitian ini terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model metode sokratis pada materi statistic di SMK NEGERI 7 Pandeglang.

References

Ali, Muhammad, 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Aprina, Nera, 2006. Perbandingan Metode Sokratis dan Tanya-Jawab Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA PGRi 2 Palembang. Palembang : UNIV. PGRI

Djamarah, Syaiful, Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaiaan. Yogyakarta : Depdiknas.

Hudojo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP.

Hanafiah, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

_________, 2013. Definisi Belajar. (www.Goegle. Diakses tanggal 25 September 2013 ).

Pidarta, Made, 1990. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta : Bumi Aksara.

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk, 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE SOKRATIS MATERI STATISTIKA: IMPROVING STUDENT MATHEMATICS LEARNING RESULTS THROUGH THE SOCRATIC METHOD OF STATISTICS MATERIALS. (2020). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.381