ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING

Authors

  • Istiqomah SMAN 13 Kabupaten Tangerang

Abstract

Kemampuan pemahaman konseptual matematis adalah kemampuan yang paling dasar dan harus dimiliki oleh setiap siswa guna menunjang kemampuan tingkat tinggi lainnya. Rigorous Mathematichal Thinking (RMT) adalah salah satu pembelajaran yang diindikasikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematis karena salah satu fase pembelajarannya adalah praktek konstruksi konseptual kognitif. Selain Pendekatan pembelajaran yang diperhatikan, ada beberapa keragaman yang siswa miliki dan harus diperhatikan oleh pendidik, diantaranya adalah kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa dilihat dari KAM dan GBM siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenography.Dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Cikupa. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan bahwa, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konseptual matematis dilihat dari KAM dan GBM. Peningkatan subjek kelas atas masuk dalam klasifikasi tinggi, subjek kelas tengah masuk dalam klasifikasi sedang dan subjek kelas bawah masuk dalam klasifikasi rendah. Sedangkan jikka dilihat dari GBM, peningkatan subjek GBM ML masuk dalam klasifikasi tinggi,GBM IL masuk dalam klasifikasi rendah dan GBM UL masuk dalam klasifikasi sedang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Cahyaningrum, Nugraheni. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses pada: http://eprints.uny.ac.id/2083/1/Nugraheni_Cahyaningrum.pdf. Sabtu, 26 April 2014 pk 15.24).

Dzulfikar, Ahmad. 2013. Pembelajaran Kooperatif Dalam Mengatasi Kecemasan Matematika dan Mengembangkan Self Efficacy Matematis Siswa. Prosiding Simposium Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UniversitasNegeri Yogyakarta 9(4): 45-54. (diakses pada: http://eprints.uny.ac.id/10730/1/P%20-%207.pdf. Sabtu, 26 April 2014 pk 15.35 wib).

Hamalik, Oemar.2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Iis. 2012. Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Polya Terhadap Kompetensi Literasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hendrayana, Aan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap Pemahaman Konseptual, Kompetensi Startegis, dan Beban Kognitif Matematik Siswa SMP Boarding School (Sekolah Berasrama. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika S3 Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: UM Press.

Ilmi, Fathul. 2014. Efektifitas Bimbingan Kelompok denganTteknik Storytelling untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Penelitian Pra Eksperimen. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Universitas Pendidikan Indonesia. (diakses pada: http://repository.upi.edu/6624/6/S_PPB_0901103_Chapter3.pdf. Sabtu, 26 April 2014 pk 15.55 wib).

Kilpatrick, Swafford, Findell. 2001. Adding It Up. Washington, DC: National Academy Press.

Kinard, Kozulin, Alex. 2008. Rigorous Mathematical Thinking. Newyork: Cambridge University Press.

Lies, Erdhin. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional CS6 dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif

Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Melukis Segitiga. (diakses pada: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3878. Jum’at, 03 Oktober 2014 pk 04.03 wib).

Moma, La. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy, dan Soft Skills Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Pasca sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. (diakses pada: http://repository.upi.edu/6488/6/D_MTK_1004744_Chapter1.pdf. Jum’at, 25 April 2014 pk 03.04 wib).

Pajares. 1997. Current Direction in Self-efficacy Research. Greenwich, CT: JAI Press.

Pujiastuti, Heni. 2014. Pembelajaran Inquiry Co-Operation Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, Dan Self- Esteem Matematis Siswa SMP. Disertasi. Program Studi Pendidikan Indonesia S3 Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles