PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Wahyu Haryo Kuncoro SMAN 3 Kabupaten Tangerang
  • Fitri Selly Haryani

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Advance Organizer, Peta Konsep

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar dan harus dimiliki oleh setiap peserta didik guna menunjang kemampuan berpikir tingkat tinggi lainnya. Model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep diindikasikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis sekaligus minat belajar peserta didik. Penggunaan advance organizer dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru karena merupakan kerangka dalam bentuk abstraksi atau ringkasan konsep-konsep dasar tentang apa yang dipelajari hubungannya dengan materi yang sudah ada dalam struktur kognitif siswa. Sedangkan peta dapat meningkatkan minat belajar karena merupakan hal baru bagi siswa yang memungkinkan siswa untuk menuangkan pikiran mereka masing-masing. Selain itu, dalam pembuatan peta konsep siswa dilatih untuk bekerja sama dan bertanggung jawab atas tugas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan tipe sequentional explanatory dimana metode kombinasi dilakukan secara berurutan dengan urutan pertama menggunakan metode kuantitatif dan urutan kedua menggunakan metode kualitatif. Subjek hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Serang. Berdsarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustiani, Nurul Huda. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik terpadu (SIKADU) terhadap Kinerja Individual dengan Kemudahan Penggunaan sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang). Tesis (tidak dipublikasikan). Semarang: UNDIP.

Arends 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Dahar, Ratna. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Safari. (2005) Teknik Analisis Butir Soal instrumen Tes dan non tes. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia DEPDIKNAS.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

W. Santrock, John. (2009). Educational Psychology, diterjemahkan oleh Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika

Wardhani, IGK,2008, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wilujeng, Insih dan Istiyono, Edi. (2003). Model Advanced Organizer sebagai upaya peningkatan kualitas PBM fisika dasar di UNY. Yogyakarta: Lembaga penelitian UNY.

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles