PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Authors

  • Mila Nurlaila Universitas Serang Raya

Keywords:

LKPD Interaktif, Live Worksheets, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa terhadap bahan ajar berupa produk Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aritmatika sosial untuk peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE menurut Dick and Carry. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP di SMP Negeri 2 Cikeusal dan SMP Negeri 2 Kragilan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD interaktif untuk mengukur kelayakan dan respon siswa serta instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa LKPD interaktif dengan menggunakan Live Worksheets untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dinyatakan telah memenuhi kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase oleh ahi materi dan ahli media sebesar 92,56%. Rata-rata persentase respon siswa pada uji skala terbatas dan uji lapangan sebesar 85,39% dengan kriteria sangat menarik. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan hasil indeks gain ternormalisasi sebesar  0,79 yang tergolong tinggi. Sehingga produk LKPD interaktif dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). “LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933. www.liveworksheets.com.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas, 122–130.

Arcat. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Write-Pair-Squar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bangkinang.” Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 1–6.

Arrasyid, F., Kadaritna, N., & Tania, L. (2017). “Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 347–358.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). “Rancangan Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web.” Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI, 2(2), 81–88.

Diani, R., Yuberti, & Syarlisjiswan, M. R. (2018). “Web-Enhanced Course Based on Problem-Based Learning (PBL): Development of Interactive Learning Media for Basic Physics II.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2849

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar.” Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Fahrudin. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP". Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Fajriati, N. F., Sumiati, T., & Pratomo, S. (2021). Analisis Kemampuan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V melalui Pembelajaran Berbasis Aplikasi Liveworksheets. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI Di Purwakarta 2021. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Fatqurhohman. (2016). “Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133.

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186–197. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. ACADEMIA.

Ningsih, Y. L. (2016). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan.” Edumatica, 6(1), 1–8.

Radiusman. (2020). “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Rahmawati, V. R. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Live Worksheets untuk Membangun Minat Belajar Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Universitas Negeri Malang.

Sari, K. N. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis MOODLE sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setyorini, A. I., & Saefudin, A. A. (2020). “Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Scientific untuk Memfasilitasi Kemampuan.” AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 131–140.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Ke Empat). Prenadamedia Group.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Vitantri, C. A., ’Ulya, H., Jayus, & Sholihah, M. (2020). “Pengembangan LKS untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar.” Jurnal Derivat, 7(1), 21–30.

Wahidah, N., Hasanuddin, & Hartono. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru.” Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79–90.

Widiani, K. (2020). Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Leisure Arts.

Yulia, S., Buyung, & Relawati. (2018). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bilangan Di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61–70.

Yusuf, M. (2010). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34–44.

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles