PENGARUH PENDEKATAN PRAKTIKAL Math Schooling (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA Contoh-contoh Matematika DI KELAS VII MTS ALHUSNA RANGKASBITUNG LEBAK BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v2i2.225Keywords:
Permintaan Wahyu Belajar, Hasil belajar IPAAbstract
Permasalahan dalam tinjauan ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII MTs ALHUSNA Rangkasbitung Lebak Banten pada mata pelajaran aritmatika. Tinjauan ini bermaksud untuk memutuskan dampak besar dari pendekatan RME pada hasil belajar aritmatika. Tinjauan ini menggunakan rencana penelitian uji dengan rencana kelompok benchmark yang tidak dapat dibandingkan. Jumlah penduduk dalam tinjauan ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs ALHUSNA Rangkasbitung LebakBanten tahun ajaran 2018/2019, kelas VII An sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksplorasi. Tes ujian menambahkan hingga 41 responden. Prosedur pemilihan informasi diselesaikan melalui strategi uji penggambaran. Prosedur penelusuran informasi menggunakan uji faktual pooled change t-test, yang diawali dengan uji ordinaritas dan uji homogenitas. Hasil pembelajaran dalam ulasan ini dibatasi secara jelas pada ruang intelektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan kritis terhadap pemanfaatan cara RME terhadap hasil belajar aritmatika siswa kelas VII MTs ALHUSNA Rangkasbitung Lebak Banten.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Bumi Aksara. Jakarta.
Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) inTeaching
Geometry in Indonesian Primary Schools. Thesis University ofTwente.Enschede.
Gravemeijer, K. 1999. Realistic Mathematics Education Theory as a Guidelinefor ProblemCentered, Interactive Mathematics Education.In R.
Hamzah, Ali & Muhlisrarini. 2014 Perencanaan dan Strategi PembelajaranMatematika.
Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Hatimah, Ihat., dkk. 2007. Penelitian Pendidikan. Upi Press. Bandung.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah menengah pertama.. Remaja
Rosdakarya. Bandung.
Kasmadi& Nia Siti Sunariah.2014. Panduan Modern PenelitianKuantitatif.Alfabeta.
Bandung.
Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi
Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
MPR RI. 2009. Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28C Ayat 1 Tentang HakMemperoleh
Pendidikan.
Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Bumi Aksara. Jakarta.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Kencana, Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknologi Evaluasi Pengajaran. Remaja
Rosdakarya. Bandung.
Rahmawati, Fitriana. 2013. Pengaruh Pendekatan PendidikanRealistik Matematika dalam
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Sundanah dan Aziz, Abdul Malik. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika SIswa Kelas X SMA Negeri 2 Leuwidamar. Jurnal Abacus 1 (1), 29-37