Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v2i2.224Keywords:
kesulitan siswa,menyelesaikan soal,emahaman matematisAbstract
Penelitian ini hanya pada bagaimana kesulitan murid pada penggunaan soal matematika dipandang berdasarkan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK negeri 7 Pandeglang materi yang diujikan mengenai sistem persamaan linear dua variabel atau SPLDV jenis penelitian ini memakai penelitian naratif menggunakan pendekatan kualitatif subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dengan output tes kemampuan pemahaman konsep matematis terendah titik hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian menyatakan bahwa masih ada kesulitan murid pada merampungkan soal SPLDV menurut dalam kemampuan pemahaman konsep matematis hal ini bisa kita lihat berdasarkan output skor homogen yaitu sebanyak 58 siswa termasuk ke dalam kategori kurang adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan pada mengganti suatu perseteruan sebagai kalimat matematika atau contoh matematika murid kurang bisa pada pengelompokan objek yang diketahui pada soal kesulitan pada menerapkan konsep menyelesaikan secara prosedur pemecahan dan menentukan operasi pada merampungkan bentuk aljabar kata kunci kesulitan murid menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika
References
Anggraeni, Venita dan Ningsih, Eva Fitria. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Abacus, 1(1). 19-28
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan
dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia :
Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506
Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa SMK pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29.
https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428
Jarmi, F. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Pendekatan Problem
Possing pada Peserta Didik SMK. Human Relations, 3(1), 1–8.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21.
https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas
VII SMK pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.
Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1),
https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
SMK dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery
Learning). EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.
https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.
WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.
https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Wahyudi, Suyitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru
Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal
Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47.
Wiyasa, Komang Ngurah, I Wayan Wiarta, N. L. N. D. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Pengetahuan Matematika. 1, 133–140.
Yanti, N., Sofiyan, Ramadhani, D., & Putra, dan A. (2019). Analisis Pemahaman Konsep
Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran
/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102.
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442.