PENERAPAN MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Keywords:
Model CORE, Pendekatan Keterampilan Metakognitif, dan Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, kemudian dipilih dua kelas yang setara ditinjau dari kemampuan akademiknya. Kedua kelompok kelas tersebut diberikan tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Untuk kelas pertama diberi perlakuan khusus dengan menggunakan model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif (kelas eksperimen) dan kelas kedua tidak diberi perlakuan atau diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Tes yang di gunakan adalah tes tipe uraian yang terdiri dari 5 soal. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji-t (Independent Sample t-Test). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa model CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis
References
Anggraeni, Venita dan Ningsih, Eva Fitria. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Abacus, 1(1). 19-28
Ben-Chaim, D,. et all. 2000. The Disposition of Eleventh-Grade Science Students
Toward Critical Thinking. Journal of Science Education and Technology.
Vol. 9, No. 2.
Bruning, R.H., Schraw, G.J., and Norby, M.M. (2011). Cognitive psychology and
instruction (Boston: Pearson Education) chapter 5 p 205
Cockcroft, W.H. (1982). Mathematics Counts. Report of the Committee of
Inquiry into the Teaching of
Mathematics in Schools. London: Her Majesty's Stationery Office
Chotimah, Binti Khusnul. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar MAtematika Siswa Melalui Metode Sokratis Materi Statistika. Jurnal Abacus, 1 (1), 1-8
Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman
Matematik Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan
Pembelajaran Open-Ended. Disertasi UPI: tidak diterbitkan
Ennis, R.H. (1995). Critical Thinking. New York: Prentice Hall.
Fisher, A. (2011). Critical Thinking An Introduction Second Edition. United
Kingdom: Cambridge University Press.
Fisher, D., Yaniawati, P., and Kusumah, Y.S. (2017). The Use of CORE Model
by Metacognitive Skill Approach in Developing Characters Junior High
School Students. AIP Conference Proceedings 1868, 050010 (2017);
https://doi.org/10.1063/1.4995137
Flavell, J.H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring. A New area of
cognitive – development inquiry. American psychologist, 34, 906-911.
Herawati, C. (2006). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal
Teaching dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
SMP. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: tidak diterbitkan
Jacob, C. (2005). Pengembangan Model CORE dlam Pembelajaran Logika
dengan Pendekatan RESIPROCAL TEACHING bagi Siswa SMA Negeri 9
Bandung dan SMA Negeri 1 Lembang. Laporan Piloting UPI (Bandung)
Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching & Learning: what it is and why it’s
here to stay. Translated by Setiawan, Ibnu. 2006. Bandung: MLC.
Livingstoon, J.A. (1997). Metacognition: An Overview. US Department of
Educational Resources Information Center (ERIC). Corpus ID: 141414652
Miller, R.G., and Calfee, R.C. (2004). Making thinking visible: A method to
encourage science writing in upper elementary grades. Science and Children,
(3), 20-25.
Ormond, J. E (2006). Educational psychology: developing learners, (sth ed).
upper saddle river, NJ: Pearson education, Inc
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.
Bandung: Tarsito.
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Schraw, G. and Moshman, D. (1995). Metacognitive theories. Educational
Psychology Rewiew, 7,351-373.
Scriven, M., and Paul, R. (1987). Defining Critical Thinking, Draft statement
written for the National Council for Excellence in Critical Thinking Instruction. Available at http://www.criticalthinking.org/pages/definingcritical-thinking/766
Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: JICA.
Wahab, A.A. (1996). Pendidikan PPKN. Jakarta: Depdikbud.
Weinert, F.E. and Kluwe, R.H. (1987). Metacognition, Motivation, and
Understanding. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
Publishers.
