PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING ON STUDENTS MATHEMATICAL CRITICAL THINKING ABILITY

Authors

  • Syahrul Anwar STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.162

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan dari pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Darul Fikri Pandeglang, sampel dipilih dalam dua kelas secara acak, yaitu kelas X RPL sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui 2 tes. Tes pertama adalah soal pretes dan yang ke-dua adalah soal posttes. Dimana prestes diberikan sebagai tes awal sebelum perlakukan project based learning. Sedangkan postes dilakukan setelah diberikan perlakukan project based learning. Dari tes diberikan 4 soal kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil yang diperoleh dari berbagai uji tes yang diberikan, setelah proses belajar berlangsung dengan menerapkan model project based learning yaitu terlihat adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model project based learning dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 

References

Anwar, S., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis, 3(2), 116-133.

Anwar, S., (2020). Pengaruh Problem Based Learning dan Self Regulated Learning terhadap Pemahaman Matematis, 1(1), 54-67.

Husnidar, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematisa Siswa. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh [Online].Tersedia: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.jurnal.unsyiah.ac.id%2FDM%2Farticle%2Fdownload%2F1340%2F1221&ei=CWuVVPSLKsiJuATmvYLYCQ&usg=AFQjCNEfNkQfWYMT_SlDVL12iJVMJCPW_w&bvm=bv.82001339,d.c2E [Juni 29 April 2021. Pukul 19.45 WIB]

Karim and Normaya, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 92-104, 2015.

Nurrochmatunnisa, D. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis bagi Siswa Kelas IX MTS. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang.

Putriari, M. D. (2013). Keefektifan Project Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X Smk Materi Program Linear. Skripsi FMIPA UNNES Semarang [Online]. Tersedia: lib.unnes.ac.id/18796/1/4101409015.pdf [April 2021. Pukul 3.42 WIB]

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Yani, Ahmad. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung : Alfabeta.

Published

2021-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA: THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING ON STUDENTS MATHEMATICAL CRITICAL THINKING ABILITY. (2021). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 2(01), 78-93. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.162