ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
ANALYSIS OF STUDENTS' ERROR IN SOLVING AREA OF FLAT BUILDINGS ORIENTED ON HIGH LEVEL THINKING ABILITY
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.161Keywords:
Kemampuan Berpikir, Tingkat Tinggi, Luas Bangun DatarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal berorientasi berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi luas bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 26 peserta didik kelas 8 SMPN 1 Lahat Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal berorietasi HOTS dan wawancara kepada peserta didik. Hasil jawaban peserta didik dianalisis dengan statistika deskriptif. Selain analisis deskriptif dari jawaban peserta didik, dilakukan juga analisis terhadap jawaban benar dan jawaban salah peserta didik. Dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi masih lemah
References
Anggraini, P., & Prahmana, R.C.I. (2019). Misconceptions of seventh grade students in solving geometry problem type national examinations. Journal of Physics: Conf. Series 1188(2019) 012101
As’ari, A.R., dkk. (2019). Mengembangakan HOTS (High Order Thinking Skills) melalui Matematika. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Fitri, N.L., & Prahmana, R.C.I. (2018). Pembelajaran luas segiempat siswa kelas VII menggunakan reallotment activities. Jurnal Review Pembelajaran Matematika., 3(1), 18-28.
Hardianti, D., Priatna N., & Priatna, B.A. (2017). Analysis of geometry Thinking Students’ and Proses-Guided Inquiry Learning Model. Journal of Physics.: Conf. Series. 895012088
Kemendikbud. (2019). Modul pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Makur, A.P., Prahmana, R.C.I, & Gunur, B. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi, peserta OSK matematika tingkat SD, dan strategi Think, Talk, and write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23-32.
Nizam. (2016). Ringkasan hasil assesmen belajar dari hail UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik
OECD. (2018). PISA 2018 insights and interpretations. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Pogrow, S. (2005). HOTS Revisited: A Thinking Development Approach to Reducing the Learning Gap after Grade 3. Phi Delta Kappan. 87. 64-75. 10.1177/003172170508700111.
Poon, C.L., dkk. (2016). Preparing student for the twenty first century: A snapshot of
Singapore’s approach. Educating for 21st Century Perpective, Policies, and Practices from around the world. Springer Singapore.
Saputra, E., Wahyudin, Dahlan, J.A. (2018). The enhancement of spatial levels reviewed from students’ cognitive style. Journal of Physics: Conf. Series. 1028012057
Watson, A., Jones, K., & Pratt, D. (2013). Key Ideas in Teaching Mathematics: Reseachbased guidance for ages 9-19. United Kingdom: Oxford University Press.