ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

ANALYSIS OF STUDENTS' ERROR IN SOLVING AREA OF FLAT BUILDINGS ORIENTED ON HIGH LEVEL THINKING ABILITY

Authors

  • Kuntie Sulistyowaty SMP Negeri 1 Lahat selatan

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.161

Keywords:

Kemampuan Berpikir, Tingkat Tinggi, Luas Bangun Datar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal berorientasi berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi luas bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 26 peserta didik kelas 8 SMPN 1 Lahat Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal berorietasi HOTS dan wawancara kepada peserta didik. Hasil jawaban peserta didik dianalisis dengan statistika deskriptif. Selain analisis deskriptif dari jawaban peserta didik, dilakukan juga analisis terhadap jawaban benar dan jawaban salah peserta didik. Dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi masih lemah

References

Anggraini, P., & Prahmana, R.C.I. (2019). Misconceptions of seventh grade students in solving geometry problem type national examinations. Journal of Physics: Conf. Series 1188(2019) 012101

As’ari, A.R., dkk. (2019). Mengembangakan HOTS (High Order Thinking Skills) melalui Matematika. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Fitri, N.L., & Prahmana, R.C.I. (2018). Pembelajaran luas segiempat siswa kelas VII menggunakan reallotment activities. Jurnal Review Pembelajaran Matematika., 3(1), 18-28.

Hardianti, D., Priatna N., & Priatna, B.A. (2017). Analysis of geometry Thinking Students’ and Proses-Guided Inquiry Learning Model. Journal of Physics.: Conf. Series. 895012088

Kemendikbud. (2019). Modul pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Makur, A.P., Prahmana, R.C.I, & Gunur, B. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi, peserta OSK matematika tingkat SD, dan strategi Think, Talk, and write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23-32.

Nizam. (2016). Ringkasan hasil assesmen belajar dari hail UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik

OECD. (2018). PISA 2018 insights and interpretations. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Pogrow, S. (2005). HOTS Revisited: A Thinking Development Approach to Reducing the Learning Gap after Grade 3. Phi Delta Kappan. 87. 64-75. 10.1177/003172170508700111.

Poon, C.L., dkk. (2016). Preparing student for the twenty first century: A snapshot of

Singapore’s approach. Educating for 21st Century Perpective, Policies, and Practices from around the world. Springer Singapore.

Saputra, E., Wahyudin, Dahlan, J.A. (2018). The enhancement of spatial levels reviewed from students’ cognitive style. Journal of Physics: Conf. Series. 1028012057

Watson, A., Jones, K., & Pratt, D. (2013). Key Ideas in Teaching Mathematics: Reseachbased guidance for ages 9-19. United Kingdom: Oxford University Press.

Published

2021-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI: ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN SOLVING AREA OF FLAT BUILDINGS ORIENTED ON HIGH LEVEL THINKING ABILITY. (2021). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 2(01), 68-77. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.161