PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND LEARNING INDEPENDENCE ON STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT

Authors

  • Rizal Umami STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.160

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika Siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Metode Survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian angket pada siswa. Sampel yang diambil berasal dari populasi kelas XI SMK Miftahul Falah. Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji validitas butir soal yang berbentuk angket, diuji dengan menggunakan korelasi product moment dengan ketentuan dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 0,05. Pada kecerdasan emosional diperoleh 32 soal valid dan kemandirian belajar diperoleh 35 soal valid. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji chi-kuadrat untuk uji normalitas data, sedangkan uji fisher untuk menguji homogenitas data. Pada uji hipotesis uji F dan terhadap Y menggunakan korelasi ganda melalui uji-F yang menghasilkan yaitu 212,86 3,158, artinya kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pada uji hipotesis terhadap Y mengunakan uji-t yang menghasilkan yaitu 59,4 4,0069, artinya kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pada uji hipotesis terhadap Y menggunakan uji-t yaitu dengan hasil 3,54 4,0069, artinya kemandirian belajar tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa

References

Baron. 2000. Pengertian kecerdasan emosional. Http.//lib.unnes.ac.10 mei.

Goleman, daniel. 2000. Working with emotional intelligence (terjemahan). Jakarta: pt. Gramedia pustaka utama

Goleman, daniel. 2002. Emotional intelligence (terjemahan). Jakarta: PT.Gramedia pustaka utama.

Imron, alih. 2003. Upaya-upaya dalam proses belajar. Bandung. Rosada.

Rusman. 2011. Model – model pembelajaran. Depok: pt rajagrafindo persada.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif dan r&d. Bandung: alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: pt prima ufuk Semesta.

Supardi. 2014. Peran kedisiplinan belajar dan kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Jurnal formatif, 4(2): 80-88.

Suyono dan hariyanto. 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.

Trismi. 2015. Pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar Terhadap prestasi belajar matematika. Skripsi. Jurusan pendidikan matematika universitas indraprasta pgri.

Widyaninggar, anggi ajeng. 2014. Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali Terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal formatif, 4(2): 88-89.

Published

2021-06-12

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA: THE INFLUENCE OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND LEARNING INDEPENDENCE ON STUDENTS’ MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT. (2021). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 2(01), 54-66. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.160