PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (EKSPERIMEN PADA SISWA SMP SWASTA DI KABUPATEN LEBAK)
THE INFLUENCE LEARNING MODEL AND STUDENT’S MOTIVATION TOWARD THE COMPREHENSIBLE OF MATHEMATICS CONCEPT
DOI:
https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.158Keywords:
Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, motivasi belajar serta interaksinya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan sampel berjumlah 64 siswa. Kelompok eksperimen memperoleh perlakuan model pembelajaran discovery learning dengan motivasi belajar dan kelompok kontrol memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional dengan motivasi belajar. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Subjek penelitian adalah siswa SMP Terpadu Al Qudwah dan SMP Terpadu Al Khobar di Kabupaten Lebak, dengan subjek sampel adalah siswa kelas VII. Satu kelas dari SMP Terpadu Al Qudwah yang dipilih secara acak sebagai kelas eksperimen. dan satu kelas dari SMP Terpadu Al Khobar sebagai kelas kontrol.
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
_________. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata. 2013.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: Executive Summary. Diunduh melalui laman http://www.nctm.org
Purwanto. (2011) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
________. (2014). Statisika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Bandung: Alfabeta.
Supardi, U.S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi; Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan : Change Publication.
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional