KEBIJAKAN IMPLEMENTASI AKREDITASI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL CIMANUK PANDEGLANG

Accreditation Implementation Policy in Improving the Quality of Education at Mts Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Cimanuk Pandeglang

Authors

  • Ade Hidayatullah MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School

DOI:

https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.157

Keywords:

Kebijakan, Implementasi, Akreditasi, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini terfokus pada kebijakan, implementasi, dan tindak lanjut akreditasi dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Cimanuk Pandeglang. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui kebijakan akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, 2) Untuk mengetahui implementasi akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, dan 3) Untuk mengetahui tindak lanjut hasil akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School dibuat melalui beberapa tahap yaitu tahap penyusunan agenda, formulasi kebijakan, legitimasi kebijakan, dan implementasi kebijakan. Adapun beberapa produk kebijakan yang dihasilkan meliputi kebijakan pembentukan tim kerja, pembagian tugas, dan penentuan target mutu. Implementasi akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School dibagi kedalam empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pemberkasan, tahap visitasi, dan tahap tindak lanjut. Dan tindak lanjut hasil akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School adalah dengan dibuatkannya beberapa kebijakan yang meliputi bidang kurikulum, bagian kesiswaan, tim labolatorium IPA dan IT, bagian keperpustakaan, bagian tata usaha, hingga ke sisi profesionalisme, SDM, dan efisiensi anggaran

References

Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu : Prinsip-prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

BAN-SM. 2019. Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

_______. 2019. Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

_______.2019. Perangkat Akreditasi SMP/MTs. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Fatah, Nanang. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Fatkuroji. 2012. Analisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Terpadu Terhadap Minat Konsumen Pendidikan : Studi SDIT Bina Amal dan SD Al- Azhar 29BSB Semarang. Semarang : UIN Walisongo.

Hawi, Akmal. 2005. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Palembang : IAIN Raden Fatah Press.

Hadis, dkk. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Hasbullah, H.M. 2015. Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia). Jakarta : Rajawali Pers.

Hidayah, Nurul. 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Juran, J.M. 1993. Juran on Leadership for Quality. New York : Macmillan.

Machali, Imam dkk. 2016. The Handbook of Education Management : Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah atau Madrasah di Indonesia. Jakarta : Prenada Media Group.

Marjuki, dkk. 2018. Developing An Accreditation Model Of Senior Secondary School. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, v.22, (105-117).

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang : UIN Maliki Press.

Nawawi, dkk. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Rahardjo, Mudjia. 2010. Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer. Malang : UIN Maliki Press.

Sekretariat Negara. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

________________. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education : Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta : IRCiSoD.

Sarwani, A. 2010. Akreditasi Muara Peningkatan Mutu Pendidikan. Palembang : Tidak Dipublikasikan.

Sholihin, Emilia Nur Chasanah, dkk. 2018. Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, v.1, (171-178).

Soyomukti, Nurani. 2010. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.

Irianto, Y.B. 2012. Kebijakan Pembaruan Pendidikan : Konsep, Teori dan Model. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana S. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung : Refika Aditama.

Syagala, Syaiful. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Tilaar, H.A.R, dan Nugroho, Riant. 2009. Kebijakan Pendidikan : Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Umar, Yusuf. 2016. Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung : Refika Aditama.

Widodo, Suparno Eko. 2011. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta : Ardadizya Jaya.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu, Yogyakarta : Gavin Kalam Utama.

Downloads

Published

2021-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEBIJAKAN IMPLEMENTASI AKREDITASI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL CIMANUK PANDEGLANG: Accreditation Implementation Policy in Improving the Quality of Education at Mts Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Cimanuk Pandeglang. (2021). Abacus: Academic Journal of Mathematics Learning and Education, 2(01), 1-20. https://doi.org/10.59605/abacus.v2i01.157